Lifestyle, Psikologi

5 Tips Agar Kamu Di Sukai Guru Atau Dosen

Setiap pelajar atau mahasiswa pasti ingin di sukai oleh guru atau dosen yang mengajar di sekolah atau kampus. Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan empati atau perhatian dari pengajar dengan cara yang tidak terlalu sulit untuk di lakukan.

5 Tips Agar Kamu Di Sukai Guru Atau Dosenimage via huffingtonpost.com

5 Tips Agar Kamu Di Sukai Guru Atau Dosen

Sebelum menjabarkan lebih jauh tentang tips agar kamu di sukai oleh guru atau dosen, kamu terlebih dahulu harus mengerti bahwa orang lain (termasuk guru atau dosen) akan menilai kepribadian kamu dari attitude atau sikap kamu dalam pergaulan sehari-hari.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin di sukai pengajar, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana bisa memperbaiki sikap kamu saat berada di lingkungan sekolah atau kampus.

Berikut adalah 5 tips agar kamu di sukai guru atau dosen yang intinya adalah pengembangan sikap positif kepada orang lain.

Pertama, sapa mereka dengan ramah

Kepribadian seorang murid akan terlihat pertama kali oleh guru atau dosen pada saat murid berjumpa dengan mereka.

Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu adalah murid yang berkepribadian baik dengan cara menyapa mereka dengan ramah dan tulus. Jangan sungkan untuk menjabat tangan mereka dan mengucapkan salam di manapun kamu bertemu mereka – entah di jalan, di sekolah, di mall, atau di mana saja!

Kedua, show them some respects!

Kamu harus ingat bahwa mereka adalah mentor yang banyak memberikan kamu pelajaran yang kelak akan bermanfaat di masa yang akan datang. Maka, sudah sepantasnya jika kamu menghormati mereka sebagaimana kamu menghormati orang tua sendiri.

Ingatlah bahwa jika kamu menghormati orang lain, maka orang lain juga akan menghormati kamu.

Ketiga, jangan sungkan untuk membantu mereka

Tidak mudah menjadi seorang tenaga pengajar, karena mengajar adalah salah satu pekerjaan yang melelahkan secara fisik dan mental.

Tawarkan kepada mereka bantuan-bantuan yang mungkin bisa meringankan pekerjaan mereka sebagai figur pengajar, misalnya membawakan buku atau alat peraga yang mereka gunakan, membersihkan papan tulis atau whiteboard, dan sebagainya.

Yang harus kamu perhatikan adalah lakukanlah semua tugas-tugas itu dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Ke empat, fokus dan interaktif

Siswa yang selalu fokus saat belajar pasti akan menjadi perhatian dari guru atau dosen yang mengajari mereka. Dengan fokus saat belajar, kamu menunjukkan bahwa kamu adalah siswa yang konsisten dalam mempelajari apa yang mereka sampaikan.

Selain fokus dalam belajar, kamu juga harus bisa menjadi siswa yang interaktif agar bisa “mencuri” perhatian dari pengajar. Lakukanlah tanya jawab atau diskusi mata pelajaran yang sedang kamu pelajari dengan guru atau dosen yang menyampaikan materi pelajaran.

Ke lima, tunjukkan prestasimu!

Tidak diragukan, siswa yang memiliki prestasi sudah pasti memiliki perhatian tersendiri di mata pengajar. Terlebih lagi jika kamu berprestasi atas pelajaran yang selama ini mereka sampaikan.

19 Comments

  1. Nurindah Sari

    16 Oktober 2016 at 21:27

    Aku Orangnya pemalu, Kadng disaat kami disuruh bertanya sama guru,aku malu untuk bertanya Karna takut kalo pertnyaan itu salah, pasti akan dikewawain kan maluh banget tuh,nah solusinya itu gimana kak?

    1. tcadmin

      18 Oktober 2016 at 11:05

      Jangan malu untuk bertanya, dan jangan malu untuk salah. 2 hal ini malah akan menjadi bekal dan pengalaman yang berharga buat kamu. :)

  2. pipi

    14 Oktober 2016 at 20:41

    Aku tuh sebel sama gutu mtk aku,kadang disuruh maju kedepan untuk menyelesaikan tugas.tapi kalo salah tuh pasti dimarahin,solusi dong ka untuk mengahadapi guru kaya gitu.:)

    1. tcadmin

      15 Oktober 2016 at 12:02

      saran kakak coba deh kamu fokus saat beliau mengajar. kalo kamu fokus dan bisa jawab soal dari beliau, pasti deh kamu di kasih respek sama beliau. :)

  3. risma

    19 Agustus 2016 at 20:13

    kak, saya nih anaknya pemalu,, tapi saya pengen deket sama guru2 kak,gimana caranya ?

  4. elisya

    14 Juli 2016 at 18:04

    ka, aku tuh ada dket sama bberapa guru gtu di skolah aku.slah satunya itu guru b.indonesia aku cowo.tpi tmn2 byk yg rese gtu ka.dikit2 bilang klo aku pcr dia lahh apa lahh…trs jga prnah aku sampe disuruh2 sama tmn aku buat nyari/minta jawaban ttg soal2 gtu ka sama guru itu
    kan aku jdi ga enak gtu…
    solusi dong ka…gmna caranya buat nyikapin tmn yg kaya gitu tuh…

    #thanks

    1. tcadmin

      18 Juli 2016 at 11:44

      hai elisya, kedekatan dengan dosen atau guru juga harus ada batasnya. kalo sampai di minta tentang jawaban soal tugas, ya sebaiknya jangan. :)

  5. jul

    30 Juni 2016 at 14:15

    ga usah pusing sama org yg ngiri sama kita

  6. Jul

    30 Juni 2016 at 14:13

    kalau ada yg mau tau sekolah di Beijing, baca di sini http://www.morning-dew.weebly.com siapa tau membantu kamu utk tahu kehidupan di Beijing

  7. Kayla Julianti

    30 April 2016 at 17:38

    Aku disukai sama guru, tetapi ada 3 orang yang iri kepada aku, bagaimana cara mengatasinya?

    1. tcadmin

      2 Mei 2016 at 10:15

      Hai Kayla. Tidak semua perbuatan baik akan menghasilkan persepsi yang baik dari orang lain. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjadi konsisten. Ingat pepatah “Anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu”. Tetap semangat ya!

  8. DayangZarima

    21 Februari 2016 at 00:09

    Makasih kak infonya

  9. Sherina Octaviani

    22 Januari 2016 at 03:40

    Wow, good banget tuh kak. Bisa bntu aku banget. Tapi, kapan2 kakak bikin tulisan gimana cara mengalahkan juara kelas . Terima kasih .

    1. tcadmin

      22 Januari 2016 at 10:33

      trims.. baik akan kak admin tampung sarannya ya.

  10. liana

    4 Januari 2016 at 17:04

    tapi waktu itu mw bantuin bawa buku guru tapi kata gurunya “jangan sok rajin dan jangan caper”
    truss dapat prestasi ktanya hanya kebetulan
    klw itu gimanasih supaya tau klw aku itu baik tolong infonya y kx…..

    1. tcadmin

      5 Januari 2016 at 09:20

      tidak seharusnya seorang guru mengucapkan hal tersebut. sangat di sayangkan jika guru tidak bisa menghargai effort yang di lakukan oleh murid.

  11. Helvita charolina

    1 Desember 2015 at 12:00

    Solusinya bagus ,thanks info2 nya

Leave a Reply