Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur

Telur, terutama telur ayam dan telur bebek adalah salah satu bahan pokok kebutuhan sehari-hari yang sangat mudah untuk di beli. Biasanya telur akan diolah atau dimasak terlebih dahulu sebelum kita konsumsi – entah di buat telur dadar, telur ceplok, dan sebagainya. Selain itu, ada pula yang mengkonsumsinya dalam bentuk setengah matang.

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur image via wonderhowto.com

Namun tahukah kamu, bahwa ada manfaat dan bahaya tertentu jika kita mengkonsumsi kuning telur? Mau tahu apa manfaat dan bahaya mengkonsumsi kuning telur? Mari kita ikuti ulasannya berikut ini!

Manfaat Mengkonsumsi Kuning Telur

#1. Meningkatkan kinerja otak

Di dalam telur terdapat banyak kandungan asam amino, DHA, dan klorin. Kombinasi dari asam amino dan mineral ini dapat membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel-sel syaraf dengan lebih baik dan efisien. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa otak terbentuk dari milyaran sel, dan sebagiannya merupakan sel syaraf.

Oleh sebab itu, konsumsi kuning telur dapat memberikan asupan gizi untuk regenerasi sel-sel syaraf.

#2. Menguatkan tulang dan gigi

Di dalam kuning telur terdapat kandungan A, D, E, K, dan B6 (vitamin yang larut dalam lemak) dalam jumlah yang cukup besar. Vitamin-vitamin tersebut dapat membantu untuk menguatkan struktur pada tulang dan gigi. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk ibu-ibu yang sedang hamil, menyusui, atau pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

#3. Meningkatkan stamina

Riset yang di lakukan oleh para ahli kesehatan menemukan fakta bahwa kolesterol yang terdapat dalam kuning telur adalah bahan dalam produksi hormon laki-laki (testosteron). Dengan demikian, konsumsi kuning telur dapat membantu laki-laki agar selalu memiliki vitalitas yang maksimal.

#4. Menunda lapar

Nutrisi pada putih telur dan kuning telur yang di dapat dari sebutir telur memiliki jumlah yang cukup besar, bahkan dapat menghasilkan rasa kenyang yang lebih baik daripada sepotong roti.

#5. Dapat di gunakan untuk kesehatan kulit

Kuning telur dapat di jadikan masker untuk merawat kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Vitamin E dan antioksidan yang terdapat dalam kuning telur dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel kulit, sekaligus membantu regenerasi sel-sel kulit yang sudah mati.

Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur

#1. Sangat tinggi kolesterol

Rata-rata kandungan kolesterol pada sebutir telur adalah sebanyak 180 sampai dengan 200 mg. Sedangkan jumlah kolesterol yang di butuhkan tubuh manusia per hari adalah sebesar 300 sampai dengan 350 mg per hari. Dengan data tersebut, maka dapat kita terik kesimpulan bahwa kebutuhan kolesterol tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi 2 butir telur per hari.

Jangan mengkonsumsi telur lebih dari jumlah tersebut diatas, karena kolesterol yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan fungsi tubuh, terutama pada sistem aliran darah.

#2. Konsumsi telur mentah

Banyak dari orang Indonesia yang sering mengkonsumsi telur yang masih mentah atau dalam kondisi setengah matang. Sebenarnya, konsumsi telur yang tidak matang dapat mengakibatkan bahaya bagi kesehatan, karena di dalam telur yang tidak matang bisa saja mengandung bakteri salmonella, toxoplasma, atau sitomegalovirus.

Simpulan

Kuning telur jika di konsumsi dalam jumlah tertentu dapat memberikan asupan gizi untuk tubuh. Namun, konsumsi telur dalam jumlah besar juga harus di hindari, karena beresiko untuk mengganggu kesehatan di waktu yang akan datang. Demikian sedikit ulasan tentang manfaat dan bahaya tertentu jika kita mengkonsumsi kuning telur. Jangan lupa share/like ya!

Advertisement

28 Komentar

  1. saya saat ini latihan fitnes,setiap hari nya saya konsumsi kuning telur bebek 2 butir tiap hari nya.kuning telur nya bisa membantu membesar kan otot gak ea

    • yang banyak mengandung protein itu adalah putih telur. jadi kalo kak Dani fitnes/body building sebaiknya yang di konsumsi putih telur saja.

    • buat yang gemar fitnes yang di butuhkan adalah protein, karena protein yang menjadi penunjang terbentuknya otot. protein banyak di dalam putih telur, jadi yang sering di konsumsi oleh bodybuilder adalah putih telur saja. :)

    • kalo di barengi dengan aktivitas yang cukup (misalnya olahraga berat, pekerjaan berat, dsb) nggak masalah kok. kalo Hendrik masih ragu, coba deh konsultasi ke ahli gizi atau dokter. :)

    • semuanya baik kok, asal di konsumsi secara benar. khusus untuk puyuh, kudu hati-hati, karena kolesterolnya paling tinggi (bahkan lebih tinggi daripada jeroan).

  2. Kuning telur bagus tidak yaa untuk lumpuh pasca stroke… untuk perbaikan saraf otak yang rusak.. mohon pencerahannya.. nuhun…

  3. Menanggapi “post” TEGUH PRIYADI. itu memang benar. Tohh nyatanya ortu saya beliau memang sering lenggek kuning telur, ± 3-4 dalam dua minggu. Dan hasilnya npak awet muda du banding dengan temanya yg seusianya.
    ** begitupun untuk saya pribadi 3 dalam ¹ minggu bahkan terkadang lebih. Efeknya antibody saya oke (tidak gampang capek/sakit.).
    Thx andmin

  4. Menanggapi “post” TEGUH PRIYADI. itu memang benar. Tohh nyatanya ortu saya beliau memang sering lenggek kuning telur, ± 3-4 dalam dua minggu. Dan hasilnya npak awet muda du banding dengan temanya yg seusia.
    ** begitupun untuk saya pribadi 3 dalam ¹ minggu bahkan terkadang lebih. Efeknya antibody saya oke (tidak gampang capek/sakit.).
    Thx andmin

    • singkatnya tidak. untuk menambah tinggi badan, cobalah untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan perbanyak berolahraga. :)

    • kuning telur bebek memang terkenal sebagai bahan yg di jadikan ramuan atau jamu tradisional. terlepas dari memiliki efek samping atau tidak, yang jelas kebiasaan mengkonsumsi kuning telur bebek seperti ini sebaiknya di kurangi.

  5. Setelah minum telor bebek kuning dan putihnya dalam satu minggu 10butir secara terus menerus, kemudian kami ketemuan setelah 10tahun, rekan2 peminum telor bebek tampak 20th lebih muda dari usia yg sebenarnya., teman kami usia 70th tampak seperti usia 45th, demikian juga saya usia 60th

    • telur terutama kuning nya memang punya banyak lemak dan protein, akan tetapi tidak ideal untuk menjadi asupan dengan tujuan penggemukan badan, karena tinggi kolesterol. coba konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter. :)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*